Mahasiswa sebagai pelaksana Tri Dharma Perguruan Tinggi tidak dapat lepas dari segala kegiatan kemasyarakatan. Salah satu dharma yang wajib untuk dijalankan adalah ”Pengabdian Terhadap Masyarakat”. Demi menjalankan Dharma ketiga tersebut, Perguruan Tinggi sebagai wadah dari civitas akademika menggalakkan program Praktek Kerja Nyata (PKN) sebagai aplikasi Pengabdian Mahasiswa terhadap masyarakat.

Dalam pelaksanaan PKN, Mahasiswa sebagai penyelenggara kegiatan dituntut untuk menemukan permasalahan serta potensi yang ada di lingkungan masyarakat. Kemudian dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa dituntut untuk menyusun program kerja yang mampu memberikan solusi ataupun menyelesaikan masalah serta mengangkat potensi sesuai dengan bidang ilmu yang dimilikinya.

Praktek kerja nyata merupakan sebuah bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan penerapan kepedulian terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui implementasi keilmuan terapan mahasiswa  dari beberapa disiplin ilmu vokasi yang dimiliki oleh Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makasar dan juga sebagai media pengembangan kualitas hidup masyarakat dalam bidang kesehatan. Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Nyata (PKN) dilaksanakan kegiatan kolaborasi keilmuan kesehatan terapan yang sangat bermamfaat bagi masyarakat.

Dalam pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN) merupakan perwujudan  visi misi Poltekkes Muhammadiyah dengan menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk masyarakat yang berkemajuan. Praktek Kerja Nyata adalah serangkaian kegiatan mahasiswa Bersama masyarakat yang dilaksanakan atas dasar gotong royong dan swadaya dalam rangka tolong menolong dalam memecahkan masalah-masalah bidang kesehatan dan bidang lain yang berkaitan agar mampu mencapai kehidupan yang sehat dan sejahtera.

TUJUAN UMUM:

Mahasiswa Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar Bersama para dosen dan stakeholder dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat sehingga mendorong peningkatan drajat kesehatan masyarakat.

TUJUAN KHUSUS:

  • Membantu masyarakat mengidentifikasi masalah kesehatan di daerah masyarakat tersebut, membuat perencanaan dan melaksanakan kegiatan dengan bersama-sama serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut.
  • Membuat kegiatan dan kesadaran masyarakat akan potensi yang dimilikinya untuk menolong diri mereka sendiri dalam meningkatkan mutu hidup mereka.
  • Mengembangkan kemampuan dan prakarsa masyarakat untuk berperan secara aktif dan berswadaya dalam meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri.
  • Menghasilkan lebih banyak tenaga-tenaga masyarakat setempat yang mampu, terampil serta mau berperan aktif dalam pembangunan desa.
  • Membentuk kader-kader kesehatan yang berasal dari masyarakat yang mampu dan aktif dalam program pembangunan kegiatan desa.
  • Terjalinnya kerjasama kegiatan dari berbagai sector masyarakat dengan pemerintah secara terpadu.
  • Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan turunnya angka kelahiran, kematian, kesakitan, dan perbaikan status gizi dan sanitasi lingkungan masyarakat.
  • Sebagai media bagi mahasiswa dan dosen dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada masyarakat.
  • Mahasiswa secara langsung bersama dengan masyarakat dapat mengidentifikasi serta menangani masalah kesehatan dan lingkungan yang terjadi di masyarakat.
  • Sebagai wahana pembangunan kesehatan yang dilakukan secara kolaboratif dari beberapa disiplin ilmu.

LOKASI DAN WAKTU PELAKSANAAN PKN

Lokasi Praktek Kerja Nyata  dilaksanakan di Kabupaten Gowa kecamatan Biring Bulu yang dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 17 Februari 2020  dengan penempatan sebanyak 10 posko Dusun  yakni:

  1. Posko I : Dusun Bungasunggu                  
  2. Posko II : Dusun Malonjo
  3. Posko III : Dusun Karetojeng
  4. Posko IV : Dusun Biboro
  5. Posko V : Dusun Parangloe
  6. Posko VI : Dusun Baturappe
  7. Posko VII : Dusun Pimpinga
  8. Posko VIII : Dusun Bontosuro
  9. Posko IX : Dusun Balang Juju
  10. Posko X : Dusun Bangkoa

PESERTA PKN:

  1. Mahasiswa (i) Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medik dan Program Studi D3 Sanitasi.
  2. Pengawas Lapangan yang berasal dari Instrukur dan Dosen.
  3. Penyuluh yang berasal dari Dosen ataupun mahasiswa.

DOKUMENTASI KEGIATAN:

Kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN) Poltekkesmu Makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *